Pelaksanaan Inventarisasi Data Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) di Kalimantan Timur

Perkembangan serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) tanaman perkebunan berdasarkan Rekapitulasi Laporan Serangan OPT Tanaman Perkebunan UPTD Pengembangan Perlindungan Tanaman Perkebunan (P2TP) Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur Tahun Anggaran 2016, serangan OPT banyak menyerang terdapat di wilayah Kabupaten Paser seluas 35 hektar dari berbagai komoditi perkebunan. Adapun perkembangan serangan OPT per komoditi perkebunan se Kabupaten / Kota di Provinsi Kalimantan Timur, komoditi karet memiliki luas serangan OPT yang sangat tinggi dibandingkan dengan komoditi yang lain yaitu seluas ± 500 Hektar namun tingkat pengendaliannya hanya mencapai kurang dari 100 Hektar.

Untuk jenis OPT yang menyerang lebih banyak pada komoditi karet dengan jenis OPT seperti Jamur Akar Putih (JAP) dan Kering Alur Sadap (KAS) yang mana luas serangan JAP mencapai 300 Hektar dan luas serangan KAS mencapai 350 Hektar. Untuk hama sendiri ada beberapa OPT yang sangat mengganggu diantaranya : hama tikus pada tanaman kelapa sawit yang mencapai hampir 150 Hektar, Penggerek Buah Kakao (Conopomorpha cramerella) seluas 60 Hektar, dan Kumbang Kelapa (Oryctes rhinoceros) pada tanaman kelapa sawit dan kelapa dalam.

Kegiatan inventarisasi data OPT ini sendiri belum bisa berjalan secara optimal dikarenakan adanya pengurangan anggaran sebesar 35 % dari pagu yang telah ditentukan. Efektivitas penyampaian laporan data OPT juga belum terlaksana dengan baik, akibat terbatasnya Sumber Daya Manusia yaitu pengamat OPT lapangan yang cenderung sering di mutasi dan rasio jumlah petugas dengan cakupan wilayah pengamatan serta teknologi pengamatan dan pelaporan yang masih konvensional.

Ke depannya perlu dilakukan kegiatan inventarisasi data OPT yang intensif, penguatan kelembagaan perlindungan tanaman tingkat UPT, tingkat Kab/Kota, dan lapangan. Penguatan pendanaan dan operasional juga perlu didukung agar keluarannya untuk menentukan tindak pengendalian OPT dapat dilaksanakan secara tepat dan efektif.

*LEO*

 

 

Berita Terkait

1 Komentar

There are a couple of medical complications linked to it. You'll undestand the common myths li | 00 0000 - 00:00:00 WIB
There are a couple of medical complications linke to
it. You'll understand the common mths linked to most lose weight fast diets.
It's wii suggestion to waste your time and efforts intrigued by the pain you are likelly to eat tomorrow.

Isi Komentar